Type something and hit enter

author photo
By On
Reportase TerkiniSabar menghadapi takdir Allah. Takdir Allah Swt. itu ada dua macam, ada yang menyenangkan dan ada yang terasa pahit. Untuk takdir Allah yang menyenangkan, seseorang hendaknya bersyukur. Syukur termasuk kategori ketaatan, sehingga juga membutuhkan kesabaran dan hal ini termasuk dalam sabar bentuk pertama diatas.




Sedangkan takdir Allah Swt. yang dirasa pahit, misalnya mendapat musibah pada badannya atau kehilangan harta atau kehilangan salah seorang kerabat, maka ini semua membutuhkan kesabaran dan pemaksaan diri. Dalam menghadapi hal semacam ini, hendaklah seseorang bersabar dengan menahan diri nya jangan sampai menampakkan kegelisahan pada lisan, hati, atau anggota badannya.

Sabar tergolong perkara yang menempati kedudukan agung. Ia termasuk salah satu bagian ibadah yang sangat mulia. Dan hakikat penghambaan yang sejati tidak akan terealisasi tanpa kesabaran.
Baca Juga : Inilah Tugas Mulia Bagi Seorang Ibu Yang Di Amanatkan Allah SWT
Allah Swt. berfirman: "Wahai orang-orang yang beriman, mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan shalat, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar." (QS. Al-Baqarah [2]: 153)

Inilah doa yang bisa dipanjatkan oleh istri agar suaminya menjadi orang yang sabar dan tegar dalam menghadapi setiap masalah: "Wahai Tuhan kami, limpahkanlah kesabaran atas diri kami, dan teguhkanlah pendirian kami dan tolonglah kami terhadap orang-orang kafir." (QS. AL-Baqarah: 250) [reportaseterkini]