Type something and hit enter

author photo
By On
KETELA POHON dikenal dengan nama singkong atau ubi kayu  (manihot utilissima) jua cassava. Tanaman ini merupakan salah satu jenis tanaman pangan yang populer di Indonesia. Umbinya sering dimanfaatkan sebagai makanan pokok selain padi atau beras. Sedangkan daunnya dikenal sebagai salah satu jenis sayuran untuk dimasak.


Tanaman ini pertama kali dikembangkan di kawasan Amerika Selatan, terutama di Brasil dan Paraguay, dimana pemanfaatan ketela pohon sudah berlangsung pada masa prasejarah di sana. Namun, saat ini singkong dikenal luas di seluruh penjuru dunia. Ketela pohon masuk ke wilayah Nusantara pada abad ke-16, dibawa oleh bangsa Portugis.
Baca Juga : Inilah Manfaat Luar Biasa Asam Jawa Untuk Menyembuhkan Berbagai Penyakit
Manfaat

Selain mengenyangkan karena menjadi salah satu sumber karbohidrat, ketela pohon juga mengandung banyak nutrisi lainnya, seperti kalori, fosfor, zat besi, Vitamin C, Vitamin B1, protein, amilum, hidrat arang, dan lemak. Maka dari itu, singkong juga bermanfaat untuk mengobati beberapa jenis penyakit.

Ketela pohon dipercaya menyembuhkan penyakit rematik, sakit kepala, diare, cacingan, disentri, rabun senja, beri-beri, meredakan demam, mneyembuhkan luka (termasuk luka bernanah dan luka karena terkena panas), meningkatkan stamina, sebagai antioksidan, anti kanker, anti tumor, dan menambanh nafsu makan.
Olahan

Singkong dapat diolah menjadi berbagi jenis makanan yang lezat dan nikmat. Salah satu jenis makanan dari bahan utama ketela pohon yang sedang populer di Indonesia saat ini adalah singkong keju. Berikut ini bahan dan cara membuatnya:

Bahan:
1 kg singkong, bersihkan dan potong
6 siung bawang putih, haluskan
2 sendok makan garam atau secukupnya
Air es secukupnya
1 sendok teh ketumbar halus
Keju secukupnya

Cara Membuat:
Siapkan 1 liter air dalam panci, panaskan dengan api sedang.
Masukan bumbu yang telah dihaluskan
Rebus singkong sampai empuk dan merekah (jangan sampai hancur)
Siapkan air es di baskom
Setelah singkong empuk angkat singkong tersebut dan tiriskan
Guyur singkong dengan air es
Bungkus singkong yang sudah dingin dengan pada plastik bening
Masukan ke freezer lemari es, biarkan hingga agak membeku
Panaskan minyak goreng di wajan
Gorenhg singkong yang sudah agak membeku hingga warnanya berubah kuning keemasan
Angkat dan tata singkong goreng diatas piring saji
Taburi keju parut selagi panas
Siap untuk disantap