Type something and hit enter

author photo
By On
Reportase Terkini - JAHE (zingiber officinale) adalah salah satu jenis rempah-rempah yang paling populer. Selain untuk bumbu masakan, jahe juga memiliki banyak kegunaan lainnya, termasuk bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Jahe biasanya digunakan untuk memberikan rasa hangat dan pedas pada makanan dan pernah menjadi komoditas yang sangat laris di pasaran Eropa.



Asal jahe diperkirakan dari india. Akan tetapi, ada juga yang meyakini bahwa tanaman yang memiliki bahasa internasional ginger ini berasal dari Cina dan sangat mudah dikembangkan diberbagai negara di Asia, seperti Asia Timur (Jepang, Korea), Asia Barat ( Timur-Tengah), Asia Tengah (India, Pakistan), hingga Asia Tenggara termasuk di indonesia.

Manfaat
Selain berfungsi utama untuk menghangatkan badan, jahe juga mempunyai banyak sekali faedah bagi kesehatan manusia, seperti untuk melancarkan peredaran darah yang bisa menyebabkan penyakit stroke dan serangan jantung, untuk mengobati perut kembung dan nyeri, mengobati gangguan pencernaan, juga iritasi usus.

Tak hanya itu, jahe juga bisa untuk meringankan migrain atau sakit kepala sebelah, obat demam dan batuk, mencegah perut buncit, menurunkan tekanan darah, menurunkan berat badan, mengobati sakit gigi, mencegah siklus menstruasi yang tidak teratur, membuat tubuh perkasa, dan mengobati jerawat.

Jahe ampuh pula untuk mencegah mabuk perjalanan, mencegah alergi, mengobati morning sikness bagi ibu hamil, menangkal radikal bebas, mengobati peradangan, membersihkan kotoran dalam tubuh, memerangi sel kanker, menurunkan kolestrol, mengobati luka gigitan ular, pereda rasa sakit, pereda nyeri dan sendi kaku.
Baca Juga : Mengkonsumsi Genjer ternyata Bisa Mengurangi Resiko Penyakit Kanker Dan Jantung, Berikut Cara Mengolahnya
Olahan
Banyak sekali jenis kuliner yang diolah dengan memakai jahe sebagai salah satu bahan utamanya, baik masakan, makanan ringan, minuman, bahkan permen. Jenis olahan jahe yang paling mudah dan populer adalah Wedang Jahe, berikut ini cara membuatnya:

Bahan:

  •  1 liter air
  •  100 gram jahe, kupas, memarkan
  •  2 batang serai, memarkan bonggolnya
  •  2 lembar daun pandan, sobek-sobek
  •  200 gram gula merah


Cara Membuat:

  •  Rebus air bersama semua bahan dalam panci tertutup dengan api kecil selama 30 menit.
  •  Angkat dan saring.
  •  Hidangkan selagi hangat.
  •  Dapat pula ditambahkan susu atau madu sesuai selera.