Type something and hit enter

author photo
By On
Reportase Terkini Berbuat baik seyogyanya dilakukan dengan ikhlas. Balasan dari Allah jauh lebih mulia dari pada mengharap balasan sesama yang umumnya tidak luput dari kepentingan dan tendensi tertentu. Misalnya Muslimah yang mengadakan syukuran.




namun, dalam acara tersebut tebesit keinginan agar mendapat "donasi" dari kehadiran orang-orang yang diundangnya. Niatan seperti ini tidaklah tepat. Al-Quran mengingatkan, Dan janganlah kamu memberi (dengan maksud) memperoleh (balasan) yang lebih banyak (QS Muddatstsir [74]: 6).

Namun, jika tidak mengharap-harap yang demikian, kemudian ada orang yang memberinya sesuatu, itulah yang disebut dengan rezeki. Dikatakan dalam hadis, "Siapa saja datang kepadanya pemberian dari saudaranya, tanpa berharap-harap dan meminta maka terimalah dan jangan ditolak. Sebab, itu adalah rezeki yang diberikan Allah untuk orang tersebut" (HR Ahmad dan Baihaqi).
Baca Juga  :  SubhanAllah!!! Pria Ini Tetap Meneruskan SholatNya Walaupun Dalam Keadaan Di BAKAR
Rasulullah Saw. pernah memberi Umar bin Khaththab r.a. sesuatu, tetapi ditolak olehnya. Lalu beliau bersabda kepadanya, "Ambillah dan gunakanlah, atau sedekahkanlah. Apa saja yang datang kepadamu dari harta ini, dan kamu tidak mengharap dan meminta maka ambillah. Apabila tidak, jangan kau ikuti nafsumu (untuk meminta harta itu)." Salim putra Ibnu Umar, berkata, "Sebab ini, Ibnu Umar tidak pernah meminta kepada seorangpun dan tidak pernah menolak pemberian berbentuk apapun." [reportaseterkini]