Type something and hit enter

author photo
By On
Reportase Terkini - Suatu ketika Ibnu Umar r.a. berkisah, "Aku melihat Rasulullah Saw. sedang memakai siwak lalu beliau memberikannya pada orang yang lebih tua dari suatu kaum. Beliau bersabda, "Sesungguhnya Jibril memerintahkanku untuk mendahulukan yang lebih tua."




Dalam pergaulan pasti ada teman, kerabat, saudara, tetangga, yang usianya lebih tua, ada juga yang lebih muda. Perbedaan usia juga berpengaruh dalam memberi perlakuan kepada mereka. Kepada yang lebih tua, seorang Muslimah hendaknya menghormati mereka dengan ucapan yang lebih halus, sopan, rendah hati, tidak membentak, serta menghindari perbuatan yang menyakitkan lainnya.

Sementara dengan sosok yang lebih muda, seorang Muslimah hendaknya menghindari sikap semena-mena, tinggi hati, besar hati, merasa lebih baik, dan sikap negatif lainnya. Namun, berusahalah untuk menyayangi mereka, mendidik dengan cara yang tepat, rendah hati, serta memberi keteladanan yang bermanfaat.
Baca Juga : Sedekah Dapat Menghapus Dosa Sebagaimana Air Memadamkan Api
Dalam hadis, Rasulullah Saw. mengajarkan agar umatnya memberi sikap terbaiknya kepada orang lain, baik kepada yang muda maupun yang lebih tua. Sabdanya, "Bukan dari golongan kami mereka yang tidak memperlihatkan kasih sayang lebih muda dan menghormati yang lebih tua" (HR Tirmidzi). [reportaseterkini]

Sumber  :  195 pesan cinta Rasulullah oleh Abdillah F.Hasan